Berjuanglah Maksimal!

Persib Bandung sudah menyatakan siap menerima hasil terburuk berupa kekalahan pada laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 di Stadion Pendidikan Wamena, Rabu (2/12). Kendati demikian, Manajer Persib, H. Umuh Muchtar, tetap meminta seluruh anggota skuad Persib berjuang terlebih dulu, paling tidak untuk mencuri satu poin.

"Semua tahu bagaimana sulitnya meraih poin di sini (Wamena, red). Bisa membawa satu poin saja sudah berharga," kata Umuh kepada wartawan Pikiran Rakyat, Arif Budi K. dan M. Gelora Sapta di Wamena, Selasa (1/12).

Untuk bisa mencuri satu poin tersebut, Umuh mengharapkan seluruh pemain yang diturunkan berjuang keras di lapangan. "Saya harap para pemain bisa berjuang sekeras mungkin. Saya tidak menuntut banyak. Kalaupun hasilnya tetap negatif (kalah, red), harus bisa diganti di kandang," tegasnya.

Instruksi Umuh untuk mengamankan partai kandang langsung dijabarkan tim pelatih dengan mempertimbangkan untuk mengistirahatkan sejumlah pemain pilar yang sudah mengantongi kartu kuning. Umuh pun terlihat sangat mendukung keputusan tim pelatih ini.

"Kita akan mengistirahatkan pemain kunci yang terkena ancaman sanksi kartu kuning. Karena kami jelas sangat membutuhkan mereka untuk menghadapi partai kandang berikutnya," ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) ini.

Didukung pemain

Keharusan Persib untuk berjuang dulu dan tidak menyerah begitu saja kepada Persiwa, mendapat dukungan dari sejumlah pemain Persib. Stoper yang diproyeksikan bermain pada laga melawan Persiwa, Edi Hafid Murtado mengatakan, rekor fantastis tuan rumah yang tidak pernah kalah di kandangnya sendiri tidak harus menjadi beban buat para pemain, apalagi sampai membuat pesimis.

"Saya tahu bagaimana rekor penampilan Persiwa di kandangnya. Mereka belum pernah kalah. Tapi saya tidak menjadikannya beban. Ketika ada kesempatan bermain, saya akan tampil habis-habisan. Saya yakin semua rekan saya juga berpikiran sama. Kami harus berjuang keras lebih dulu tanpa pesimis oleh rekor mereka. Siapa tahu kami bisa mencuri poin," papar Edi Hafid.

Hal yang sama dilontarkan Gilang Angga Kusumah. "Secara kualitas, Persiwa sebenarnya tidak terlalu istimewa. Hanya memang, mereka bisa tampil bagus di kandang sendiri karena sudah terbiasa dengan cuaca di Wamena. Tapi, saya pikir dengan kualitas pemain Persib, kami tidak boleh pesimis atau menyerah begitu saja. Kami harus bermain tanpa beban," ujarnya.

0 Comments:

Post a Comment