Suchao Absen Lawan Persija

Persib Bandung dipastikan tampil menjamu Persija Jakarta, Sabtu (9/1) di Stadion Si Jalak Harupat, tanpa diperkuat Suchao Nutnum. Gelandang asal Thailand itu masih mengikuti program wajib militer (wamil) di negerinya dan baru tiba di Bandung pada 10 Januari.

Meski tak akan diperkuat Suchao, jajaran pelatih tidak pesimistis dan kemenangan tetap bisa diraih Persib. Asisten Pelatih Yusuf Bachtiar mengatakan, tim tidak mengalami ketergantungan pada seorang pemain saja. Masih banyak alternatif pemain lain yang bisa dipilih untuk dipasang pada formasi yang akan digunakan nanti.

Menurut Yusuf, informasi mengenai kemungkinan absennya Suchao pada pertemuan Persib dengan sang musuh bebuyutan sudah diketahui sejak pekan lalu. Oleh karena itu, jajaran pelatih sejak jauh-jauh hari sudah merancang serangkaian konsep alternatif.

"Ada pemain yang sudah disiapkan untuk mengisi posisi tersebut. Karakter permainannya jelas akan berbeda, bisa jadi lebih baik atau bahkan justru buruk," ucap Yusuf saat ditemui di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Kamis (7/1).

Yusuf bahkan berani menjamin kondisi tidak terpolanya permainan Persib seperti saat menantang Persema yang berakhir dengan kekalahan telak 3-0, tidak akan terulang lagi.

Keyakinan yang sama pun disampaikan tandem Suchao di lini tengah, Eka Ramdani. Pemain yang baru bergabung setelah membela tim nasional Indonesia itu mengakui absennya Suchao akan berpengaruh pada pola permainan tim. Namun, senada dengan Yusuf, Eka pun yakin ada pemain Persib yang dapat menutup posisi lowong yang ditinggalkan Suchao.

"Waktu kita melawan Persiwa Wamena, di babak kedua Suchao harus keluar. Keluarnya Suchao tidak lantas berpengaruh pada tim yang justru bisa lebih sering menekan lawan. Jadi, saat ini pun jangan terlalu mempermasalahkan absennya satu pemain," ucap Eka yang berjanji membuktikan perkataannya tersebut di lapangan.

Dengan turut absennya Suchao, otomatis Persib akan tampil tanpa diperkuat tiga pemain intinya. Setelah sebelumnya Gilang Angga dan Hariono lebih dulu dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning.

Kondisi tersebut diantisipasi jajaran pelatih sejak sesi latihan beberapa hari ini. Seperti yang tampak pada sesi latihan sehari sebelumnya, pelatih tengah mencoba pola 4-4-2. Lini belakang yang ditempati kuartet (kiri ke kanan) Wildansyah, Christian Rene Martinez, Maman Abdurahman, serta Edi Hafid secara khusus dilatih mematikan serangan melalui bola-bola pendek maupun bola lambung dari sektor sayap lawan.

Di lini tengah terjadi sedikit perubahan dari patron yang biasa digunakan Jaya. Hilton Moreira yang lebih sering dipercaya sebagai ujung tombak serangan bersama Cristian Gonzales kali ini agak ditarik ke belakang posisinya. Pada sesi latihan tersebut, Hilton diproyeksikan mengisi posisi sayap kanan yang kosong ditinggalkan Gilang Angga akibat akumulasi kartu.

Sayap kiri tetap dipercayakan kepada Atep. Sementara itu, peran sebagai gelandang serang dimainkan oleh Cucu Hidayat atau Eka Ramdani. Adapun Munadi dipercaya sebagai gelandang bertahan.

Sebagai ujung tombak serangan, kali ini Cristian Gonzales diduetkan dengan Airlangga. Keduanya secara khusus dilatih mengeksekusi umpan-umpan silang yang dikirimkan para gelandang sayap.

Rencananya, sesi latihan Kamis (7/1) sore diisi dengan materi pengkondisian sekaligus pemaduan tim yang sudah hampir komplet. Namun, rencana tersebut kembali buyar akibat hujan deras kembali mengguyur dan membuat lapangan tergenang air cukup tinggi.

Kondisi tersebut amat disesalkan Nova Arianto karena waktu yang dimiliki Persib sudah semakin mepet. "Lapangannya benar-benar tidak memenuhi syarat dan kondisi ini sangat mengganggu persiapan tim. Mudah-mudahan ada perhatian dari manajemen supaya kondisi seperti ini tidak terus berlanjut," ucap Nova mewakili rekannya yang lain.

Menanggapi hal tersebut, Manajer Umuh Muchtar mengatakan siap memfasilitasi perpindahan lokasi latihan ke Stadion Siliwangi. Utamanya dalam kondisi-kondisi seperti ini. "Mudah-mudahan pengelola stadion bisa segera memperbaikinya dan membuat lapangan layak dipakai kembali. Namun selama belum ada perbaikan, saya sudah menyiapkan dana untuk memindahkan latihan ke Siliwangi atau arena bermain futsal," ucapnya.

0 Comments:

Post a Comment